10.10.12

Recipe : Mini Apple Pie




Resep ini sebenernya mungkin sangat begitu jaaauuhhh dari kesempurnaan resep pie apel yang sebenarnya, but it really works for you who wanna make simple yummy dish with limited  ingredients. Whoot whoot.. ini dia resep nya..


Bahan Kulit Pie :
1. Terigu 6 sdm
2. Unsalted butter 30gr
3. Telur 1/2 butir
4. Garam 3/4 sdt
5. Castor sugar (Gula halus) 1 sdm

Bahan Isi Apel :
1. Apel 1 buah
2. Gula 1 sdm
3. Kayu manis bubuk 1/2 sdt


Cara membuat :
1. Pertama buat dulu kulit pie nya, masukkan 3 sdm terigu dan 30gr unsalted butter lalu dipijet-pijet (maksudnya diaduk lembut pake tangan) sampai tercampur rata dan membentuk butiran butiran halus gitu. Butter nya harus dalam kedaan dingin ya dari kulkas kalo ga dingin kulitnya ga jadi *begitu katanya*.
2. Kocok telur di tempat terpisah, lalu masukkan 1/2 dari kocokan telur tersebut ke adonan. Aduk adonan sampai rata dan mengental. Lalu masukkan 3 sdm terigu lagi dan pijit lagi adonan sampai kalis. Tapi jangan terlalu banyak dipijit-pijitnya, kalo udah kalis ga dipijit lagi ^^
3. Bagi adonan jadi 2 bagian, bentuk bulat lalu rol adonan sampai pipih sekitar 2-3mm. Letakkan ke dalam loyang bulet dengan diameter sekitar 12cm. Ratakan adonan ke loyang dan gunting/potong sisa-sisa adonan yang berlebih.
4. Buat isinya..mudah banget! kupas apel nya,, potong dadu random aja suka-suka ^^ terus taburi gula dan bubuk kayu manis. Bubuk kayu manisnya optional ya,, yang ga suka ga pake gapapa ko.. terus dikasi terigu sedikit biar apelnya ga terlalu lembek nantinya.
5. Masukan isi ke loyang yang sudah ada adonannya tadi lalu tutupi dengan adonan satu lagi yang sudah di rol. Gunting/potong sisa adonan di pinggir, lalu tekan pinggiran adonan pie dengan garpu. Olesi bagian atas pie dengan sisa telur tadi dan taburi sedikit gula,
6. Panggang sekitar 30menit. Aku panggang nya pake double pan and it works really well ^^d







Simpel banget kan ya,, effortless! Ga susah dan ga butuh skill wkwkw..
Selamat mencoba~

Thnx for reading,, hope you like it..

XOXO Kiky
;)

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...